Browse By

Pengertian Domain dan Hosting Serta Kaitan antar Keduanya

pengertian-serta-fungsi-hosting-dan-domain1

Bila anda sudah terbiasa menggunakan internet dan tahu dasar-dasar ilmu di internet, pasti anda akrab dengan kata domain dan hosting. Akan tetapi bagi anda yang pemula, bisa jadi anda tidak tahu apa yang dimaksud dengan domain dan hosting walaupun mungkin anda sering mendengar kedua kata tersebut. Di postingan kali ini saya akan coba menjelaskan pengertian serta fungsi domain dan hosting versi saya pribadi, serta keterkaitan antar keduanya.

Pengertian dan Fungsi Domain

Domain adalah nama unik yang berfungsi untuk mempermudah kita mengakses suatu halaman khusus di internet. Contohnya seperti google.com, detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. Kenapa mempermudah? Karena bila tidak ada domain, kita harus mengakses sebuah halaman internet dengan memasukkan kombinasi angka-angka yang disebut IP Address. Sebagai contoh alamat IP Address Google Indonesia adalah 173.194.39.19. Sehingga bila tidak ada domain, kita harus mengetik angka-angka tersebut di browser untuk bisa masuk ke halaman mesin pencari Google.

Nah, menurut anda mana yang lebih mudah? Mengakses Google dengan mengetik google.com atau 173.194.39.19? Tentunya akan lebih mudah kita mengakses menggunakan cara yang pertama dibanding yang kedua. Bila diumpamakan, saya ambil contoh kata Cepra Aegrasus. Anda akrab dengan kata tersebut? kata itu adalah nama ilmiah dari Kambing. Tentunya anda lebih mudah mengingat dan menyebut kata kambing daripada Cepra Aegrasus. Sama halnya dengan domain dan IP Address yang saya jelaskan barusan.

Pengertian dan Fungsi Hosting

Hosting adalah jasa penyewaan yang menyediakan server-server sebagai tempat penyimpanan data-data di internet. Karena internet adalah tempat bertebarannya berbagai informasi dan data-data, maka perlu tempat untuk menyimpan dan menampilkannya di internet. Data-data tersebut dapat berupa dokumen-dokumen berbentuk tulisan, gambar, maupun video. Inilah yang menjadi fungsi hosting.

Jika dalam bahasa gampangnya, hosting adalah tempat kita menyimpan data-data di internet dan meng’online’kannya sehingga dapat diakses di internet. Untuk detail apa saja jenis-jenis hosting dan penjelasannya, anda bisa melihatnya di Wikipedia.

Kaitan antara Domain dan Hosting

Hubungan antara domain dan hosting ialah melengkapi satu sama lain. Kita tidak bisa hanya menggunakan salah satunya saja. Jika hanya ada domain, tidak akan ada data-data atau informasi yang dapat ditampilkan di internet, karena segala data dan informasi disimpan di hosting. Begitupun jika hanya ada hosting, domain tidak akan bisa diakses.

Artinya anda harus memiliki keduanya untuk dapat mengakses dan menampilkan segala informasi di internet. Untuk contoh perusahaan jasa penyedia domain dan hosting lokal, anda bisa menggunakan Idwebhost dan untuk luar negeri anda bisa gunakan yang sudah terkenal yaitu Godaddy.

Demikian penjelasan singkat saya mengenai domain dan hosting. Semoga anda mengerti dan maaf bila ada kata-kata atau penjelasan yang dirasa kurang tepat.

Istilah – Istilah :

IP Address: Singkatan dari Internet Protocol Address, yaitu sebuah deretan / kombinasi angka sebagai alamat identifikasi yang ada di internet.

Server: Pusat jaringan komputer tempat berkumpulnya data-data yang dapat diakses oleh jaringan-jaringan komputer lain.

Share if you like :